Cara Jitu Menghasilkan Food Photography Keren

Bisnis kuliner saat ini memang sedang merebak. Baik usaha kuliner rumahan, franchise, restaurant dan usaha kuliner lainnya. Hal ini dikarenakan mobilitas orang yang semakin sibuk membuat mereka tidak sempat untuk memasak sendiri. Jadi mereka lebih suka memesan makanan yang tidak perlu repot harus membuat sendiri. Jika pun ingin memasak sendiri, pastinya orang-orang ini lebih memilih memasak frozen food. Untuk Anda yang bergelut di dunia kuliner. Terdapat banyak hal penting yang harus dipertimbangkan untuk mempertahankan konsumen. Diantaranya adalah mempertahankan rasa masakan supaya lebih banyak orang tertarik dengan masakan tersebut. Selain itu juga harus bisa membuat inovasi masakan atau makanan lain agar orang-orang yang membeli tidak bosan. Namun yang cukup penting adalah bagaimana cara menyajikan masakan atau makanan tersebut kepada para konsumennya.

10 Trik Foto Makanan Hasil Menarik

Salah satu hal yang bisa dikatakan cukup berpengaruh dalam memajukan bisnis kuliner adalah karena sudah bisa dikirim ke luar daerah. Namun hanya untuk makanan-makanan tertentu seperti frozen food. Tetapi masih ada beberapa makanan yang bisa dipesan dan diantarkan asalkan masih dalam batas jarak wajar. Untuk menarik lebih banyak konsumen, salah satu yang bisa dilakukan adalah melakukan promosi. Dimana promosi ini disertai foto makanan terkait. Untuk alasan inilah, pemilik usaha harus bisa menghasilkan foto makanan dengan tampilan bagus. Bayangkan kompetitor Anda membuat foto makanan yang benar-benar memuaskan. Sedangkan foto makanan yang Anda hasilkan hanya asal-asalan. Tentunya akan lebih banyak orang tertarik membeli makanan di kompetitor di bandingkan tempat Anda. Meskipun harganya dan menu makanannya hampir sama.

Bagi Anda yang memiliki usaha kuliner, berikut ada beberapa tips menghasilkan foto makanan keren dan menakjubkan.

  1. Gunakan Sedikit Porsi Makanan

Umumnya, orang akan makan dengan porsi penuh. Namun dalam food photography tidak demikian. Semakin sedikit porsi makanan yang ditampilkan dalam piring, maka akan semakin baik. Sebab porsi makanan dalam jumlah sedikit bisa memberikan lebih banyak perhatian pada makanan itu sendiri. Disamping itu porsi makanan yang sedikit pun akan memberikan gambaran menarik. Oleh karena itulah berikan ruang cukup bagi audience untuk melihat objek dari setiap foto makanan yang dibuat. Perlu diketahui bahwa semakin banyak komponen makanan yang ditampilkan akan membuat gambar tidak jelas.

  1. Menggunakan Makanan Selagi Masih Panas

Jika Anda ingin memotret sup dengan tampilan uap yang masih hangat, ada baiknya jika selagi masih panas bisa difoto. Namun harus diketahui bahwa makanan panas memiliki batas waktu. Jadi sebaiknya manfaatkan makanan tersebut dengan baik. Untuk mendapatkan foto yang bagus tentunya harus mengatur kamera dan elemen pendukung lainnya. Jika persiapan yang dilakukan tepat, tentu hasil foto yang didapatkan juga memuaskan. Apabila latar belakang gelap, ada baiknya gunakan reflektor atau cahaya tambahan untuk memberikan penerangan.

  1. Matikan On Camera Flash

Apabila Anda menggunakan kamera mirrorless atau DSLR ada baiknya jika mematikan flash kamera. Hal ini dikarenakan efek yang diberikan akan kurang bagus pada makanan. Oleh sebab itulah, matikan flash kamera ketika hendak mengambil gambar makanan. Bukan mengganggu, namun akan membuat makanan menjadi terlihat berminyak. Selain itu gambar bayangan pun akan menjadi aneh dan tidak menarik. Makanan akan terlihat baik jika cahaya yang dipakai lembut.

  1. Manfaatkan Tripod

Alat satu ini sangat membantu ketika dipakai untuk memotret makanan. Tripod akan menjaga kamera supaya stabil atau tidak goyang saat dipakai untuk memotret. Dengan memanfaatkan tripod akan membuat tangan bisa bebas untuk menentukan gaya hidangan makanan nantinya.

  1. Mempertahankan Warnanya

Warna yang berlebihan akan membuat foto makanan menjadi mencolok. Namun bukan berarti tidak bisa mendapatkan foto makanan yang baik dengan menggabungkan warna. Terlepas dari fakta tidak semua tempat bisa memberikan hasil baik dalam pemotretan. Ada baiknya untuk memastikan sudah mempertimbangkan komposisi pencahayaan yang dipakai untuk menutupi setiap elemen atau unsur pemotretan.

  1. Pencahayaan

Harus diketahui dengan baik terlebih dahulu bahwa cahaya adalah raja. Ini tidak bisa dipungkiri dengan mudah dalam dunia fotografi. Namun jika cahaya pada tempat pemotretan besar, hal ini tentunya tidak baik. Oleh karena itulah, ada baiknya mencari alat untuk mengontrol cahaya itu. Namun jika cahaya yang digunakan jumlahnya sedikit, pun juga akan membuat foto rusak dan membuat orang tidak tertarik. Apabila ingin melakukan pemotretan menggunakan cahaya langsung, misalnya sinar matahari. Akan lebih baik jika memanfaatkan diffusor untuk meningkatkan kualitas cahaya tersebut. Penting bagi fotografer atau Anda sendiri yang ingin memotret makanan menentukan dengan baik seberapa besar cahaya untuk memotret.

  1. Gunakan Angle Berbeda-Beda

Untuk memotret makanan sebenarnya kita bisa mengambil dari berbagai sudut. Setiap angle pemotretan yang dihasilkan akan menghasilkan foto menarik dan mengesankan. Dibandingkan dengan hanya fokus pada satu sudut foto saja. Misalnya foto makanan diambil dari atas, samping kanan, samping kiri dan lainnya. Angle klasik adalah sejauh mata memandang, artinya melihat lurus ke bawah dari atas. Meskipun menarik, namun cobalah untuk tidak menggunakan angle ini sebagai tampilan default. Hal ini karena akan membuat Anda kehilangan sesuatu ketika menyoroti elemen penting suatu makanan. Akan tetapi tetap berhati-hatilah saat memilih angle karena hal tersebut adalah pilihan Anda.

  1. Menampilkan Kesederhanaan

Membuat perencanaan adalah hal penting, termasuk dalam food photography. Jika tidak membuat perencanaan tepat, foto yang dihasilkan belum tentu menarik. Food photography yang menarik akan menampilkan kesederhanaan dari makanan itu sendiri. Komponen yang disertakan dalam subjek semakin banyak akan mengalihkan dari subjek utama. Oleh karena itulah, ada baiknya untuk menghindari menempatkan komponen yang banyak pada subjek pemotretan.

  1. Memperlihatkan Bahan Dasar Makanan

Untuk membuat tampilan menjadi lebih fantastis, Anda bisa mencoba menambahkan bahan dasar dari makanan tersebut. Misalnya Anda ingin memotret puding alpukat, nah bisa menambahkan potongan buah alpukat ke dalam foto tersebut sebagai tambahan visual. Hasilnya tentu akan memuaskan untuk dilihat. Sebab perpaduan dari warna puding dan buah menjadi sangat harmonis.

  1. Mencoba Beraksi

Anda bisa mencoba merekam kegiatan yang dilakukan oleh penyaji makanan. Misalnya meletakkan garnish ke atas sebuah hidangan. Hal ini akan menimbulkan impact lebih besar dan luar biasa pada foto yang diambil. Selain itu Anda juga menambahkan aksi lain seperti memotong sayuran atau buah, mengaduk adonan atau yang lainnya.

Sebenarnya food photography bisa dikatakan susah-susah ampang dilakukan. Sebab hal ini akan berhubungan dengan menyusun sebuah cerita. Dimana segala sesuatu harus dibuat rencana yang matang dan rapi supaya menghasilkan foto terbaik dan luar biasa. Tidak heran jika ada sebagian orang menyerah untuk melakukannya. Kesabaran, latihan, semangat dan ketekunan menjadi kunci untuk mendapatkan foto makanan yang benar-benar sesuai keinginan.

Alasan Mengapa Anda Butuh Desain Brand

Hampir setiap usaha dan bisnis di Indonesia pastinya membutuhkan desain brand. Karena desain brand ini memiliki berhubungan dengan citra, persepsi dan komunikasi. Keberadaannya pun sangat penting ketika sedang melakukan branding atau penjualan. Calon konsumen atau masyarakat awam sendiri lebih mengingat visual dibandingkan dengan tulisan. Misalnya saja logo McD, pastinya setiap orang pasti langsung paham hanya dengan logo tanpa harus membaca nama brand. Beberapa orang yang sudah mengenal merek-merek pun pastinya akan melihat logo terlebih dahulu. Apakah sudah terkenal atau belum. Karena itulah sangat penting bagi Anda yang ingin merintis usaha untuk bikin desain.

desain brand

7 Alasan Anda Membutuhkan Desain Brand

Bagi Anda yang menunda-nunda untuk membuat desain brand. Pastinya akan tertinggal dengan kompetitor. Nah supaya Anda memiliki keinginan yang kuat. Dibawah ini ada alasan-alasan mengapa Anda membutuhkan desain brand.

  1. Visual Adalah Kunci

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa visual bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi. Dengan adanya logo brand atau merek, akan ada lebih banyak orang yang mengenal produk atau usaha Anda. Dalam pembuatan visual logo ini tentunya tidak bisa asal-asalan. Bayangkan jika desain logo yang dibuat memiliki percampuran warna tidak sesuai ciri khas usaha. Atau logo desain yang dibuat tersebut menggunakan gambar kurang sopan. Hal ini tentunya akan berdampak buruk pada usaha yang sedang dijalankan. Maka dari itulah, sangat penting bagi Anda untuk bisa membuat desain logo yang benar-benar menarik dan mudah dipahami. Pastikan juga ciri khas perusahaan bisa masuk ke dalam logo desain tersebut.

  1. Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Desain logo yang baik pastinya bisa dipakai untuk menampilkan dan menyampaikan pesan kepada banyak orang. Yang mana pastinya bisa lebih tepat sasaran. Hal ini dikarenakan desain memiliki kekuatan yang mampu mendeskripsikan dan membuat respons banyak orang. Karena itulah, sangat penting bagi Anda untuk membuat desain logo yang benar-benar tepat sehingga mampu menyampaikan lebih cepat daripada kata-kata.

  1. Menciptakan Branding

Selain melakukan promosi sana sini, desain juga bisa dimanfaatkan untuk promosi. Dimana desain logo mampu meningkatkan penjualan. Ini karena desain mampu menampilkan citra dan brand image dari perusahaan tersebut. Karena itulah banyak perusahaan yang membuat logo sebaik dan seefektif mungkin untuk mendapatkan leads serta konversi. Bahkan banyak orang membeli sebuah produk atau memanfaatkan layanan jasa karena desain logo tersebut.

  1. Mencerminkan Value Bisnis

Psikologi dibalik desain logo sebenarnya jauh lebih dalam. Logo perusahaan yang dibuat dengan baik mampu merepresentasikan semua hal. Mulai dari latar belakang, visi – misi, dan masih banyak lainnya. Jadi tidak mengherankan jika nantinya akan ada banyak calon konsumen yang tertarik melakukan kerja sama atau melakukan pembelian di perusahaan tersebut.

  1. Mencerminkan Personality Brand

Selain itu logo juga sebagai personality brand bisnis Anda. Jika mengabaikan begitu saja aspek desain, tentu hal ini akan membuat Anda merugi nantinya. Di sisi lain, desain logo yang mudah diingat bisa mencerminkan kepribadian dari perusahaan di mata calon konsumen. Karena itulah, Anda tidak perlu membuat desain yang rumit dengan pemilihan font rumit serta gambar-gambar aneh. Anda bisa membuat desain yang simpel, namun memasukkan semua hal dari perusahaan. Nantinya, calon konsumen yang akan menilai sendiri.

Nah itulah beberapa alasan mengapa Anda membutuhkan desain logo untuk usaha. Baik yang baru dirintis atau sudah berjalan bertahun-tahun.

Bikin Studio Foto Di Rumah Bisa Pakai Cara Ini

Kini kita bisa mengambil foto sendiri di rumah secara mudah. Tentu saja kita pun bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang baik. Bahkan tidak harus memanfaatkan kamera SLR atau DSRL. Karena memanfaatkan smartphone pun kita bisa menghasilkan foto terbaik. Tak lain karena saat ini memang begitu banyak smartphone yang bisa kita manfaatkan dan memiliki teknologi baik dalam menghasilkan foto tersebut. Hasil foto yang kita dapatkan pun jauh lebih profesional dan tidak perlu dengan biaya yang banyak. Kita bisa menghasilkan foto sendiri di rumah dengan memanfaatkan peralatan seadanya. Namun sangat di jamin hasil foto yang anda dapatkan lebih memuaskan dan menarik perhatian. Menyewa foto studio sendiri pastinya menghabiskan biaya yang banyak bukan? Agar anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak solusi terbaik yang bisa anda lakukan adalah membuat foto studio sendiri rumah. Dengan membuatnya sendiri maka secara mudah anda bisa melakukan foto kapan saja dan dimana saja. Di jamin hasil yang bisa anda dapatkan akan sangat memuaskan dan sesuai dengan yang anda harapkan.

foto studio

Bagaimana Cara Dalam Membuatnya?

Apakah anda memiliki rencana untuk melakukan pembuatan studio foto? Nah ada beberapa langkah yang pastinya wajib untuk anda jadikan pertimbangan. Adapun beberapa langkah tersebut adalah sebagai berikut ini.

Hal pertama yang wajib anda pastikan adalah menentukan jenis studio foto yang akan anda gunakan. Bila anda menggunakan studio foto untuk produk maka anda bisa memilih studio mini. Sedangkan untuk studio foto model maka anda membutuhkan ruang yang cukup besar. Setiap jenis studio yang di buat ada beberapa hal yang memang harus anda jadikan pertimbangan juga. Supaya anda tidak bingung anda bisa menggunakan beberapa cara ini.

Studio foto produk

Untuk keperluan foto produk anda, anda bisa membuat studio mini sederhana di rumah anda. Ada beberapa bahan dasar yang di butuhkan untuk foto studio yang satu ini. Adapun diantaranya adalah:

  • Kardus sebagai tempat untuk bingkai studio anda.
  • Manfaatkan kertas HVS dengan warna putih atau anda bisa manfaatkan kertas warna sejenis lainnya. Tentu kebutuhan jumlah kertas di sesuaikan dengan ukurannya.
  • Kertas karton
  • Guntung yang di gunakan untuk memotong
  • Lem

Langkah pembuatannya:

  • Anda bisa membuat lubang pada kardus pada setiap sisi dan tinggalkan bingkai kardus saja. Lubang yang sudah membentuk bingkai atau kerangka nantinya akan di pasang kertas HVS atau sejenis agar anda bisa lebih mudah dalam membuat studio foto.
  • Sebaiknya anda tutup bagian semua sisi kardus hingga warnanya menjadi keseluruhan putih agar memberikan kemudahan anda untuk mendapatkan hasil foto maksimal. Pemilihan kertas sendiri sebaiknya dengan yang lebih transparan agar cahaya bisa tembus dengan mudah. Hal ini memberikan kemudahan kita untuk dapatkan hasil foto yang lebih lembut.
  • Berikan cahaya terbaik dari berbagai sisi yang di butuhkan agar foto pun hasilnya lebih maksimal dan juga menarik. Selain itu foto produk pun akan lebih jelas.
  • Nah pembuatan sudah selesai, anda pun siap untuk menggunakan foto studio ini.

Itulah penjelasan terkait dengan pembuatan studio mini untuk kebutuhan foto produk anda. Sedangkan untuk studio model akan kita bahas di artikel berikutnya. Jangan sampai terlewatkan agar anda bisa membuat studio harga terjangkau namun hasil yang lebih memuaskan.

Cara Bikin Foto Produk Jadi Menarik Dan Terbaik

Foto produk yang menarik akan menjadi daya tarik bukan khususnya untuk toko-toko online. Sayangnya untuk membuat foto produk yang menarik dan terbaik tidak semudah yang di bayangkan. Dimana kita harus lebih teliti dalam melakukan pembuatan agar foto tersebut memang jauh lebih menarik. Mungkin salah satu cara mudah yang bisa kita manfaatkan saat ini untuk menghasilkan foto yang menarik dan terbaik adalah menyewa jasa fotografer. Sayangnya budget untuk menyewa jasa foto sendiri memang tidak sedikit. Dimana kita membutuhkan lebih banyak biaya. Tentu jika kita masih small bisnis akan merasa kesulitan untuk membayar biaya tersebut. Namun bagi mereka yang sudah berbisnis lama dan sudah meraup keuntungan besar. Menyewa fotografer adalah hal yang sangat mudah di lakukan. Perlu diingat juga bila tidak semua layanan jasa fotografer pun begitu saja bisa kita andalkan. Kita harus tetap selektif dalam memilihnya agar lebih mudah mendapatkan hasil foto terbaik dan menarik. Namun akan lebih mudah dan lebih puas jika kita melakukannya sendiri.

Menyewa fotografer

Apa Saja Yang Bisa Kita Lakukan?

Bila anda memiliki rencana untuk melakukan foto sendiri, kami akan membagikan tips terbaik untuk melakukan foto tersebut. Yang mana bertujuan agar anda bisa membagikan foto terbaik serta sesuai yang anda inginkan. Adapun cara yang bisa anda lakukan adalah berikut ini.

  1. Pencahayaan yang cukup

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh dengan hasil foto anda adalah pencahayaannya. Dimana saat anda membuat foto dengan pencahayaan yang cukup dan tepat pemasangannya. Tentu saja foto tersebut akan terlihat lebih menarik dan maksimal. Apalagi jika anda mengambil foto di dalam ruangan pasti anda membutuhkan pencahayaan yang maksimal

  1. Manfaatkan kamera smartphone

Jika anda tidak memiliki kamera, maka anda pun dapat memanfaatkan kamera smartphone. Saat ini semakin banyak smartphone dengan kamera yang mendukung dan bisa anda jadikan pilihan. Anda bisa memadukan smartphone tersebut juga untuk edit foto. Yang mana tidak perlu biaya lebih untuk dapatkan hasil terbaik.

  1. Atur brightness dan contrast

Jika anda sudah mengambil fotonya, maka perlu anda perhatikan juga cahaya dan kontras dari foto tersebut. Atau anda pun bisa mengaturnya sebelum anda melakukan pemotretan. Yang mana dengan hal ini tentu saja akan memancarkan dan memantulkan cahaya dengan baik. Dengan cahaya yang baik dan pas membuat foto anda jauh lebih menarik dan nyaman saat diperhatikan.

  1. Manfaatkan background dengan warna netral

Tahukah anda jika background dengan warna netral jauh lebih menarik perhatian di bandingkan dengan background warna lainnya. Ketika anda memanfaatkan warna yang netral tentu saja akan membuat mereka yang melihat foto tersebut lebih mudah paham akan produk yang di maksud.

  1. Jangan dari satu sudut saja

Agar anda bisa dapatkan foto terbaik dan menarik, maka saat anda mengambil foto sebaiknya anda tidak hanya mengambil dari satu sudut saja. Yang mana ketika anda hanya mengambil dari satu sudut maka akan membuat hasil foto kurang maksimal dan anda pun tidak bisa memilih foto yang baik.

  1. Edit foto seperlunya

Jangan terlalu banyak anda mengedit foto, karena jika kenyataannya tidak sesuai pada gambar tentu saja akan membuat pembeli anda merasa kecewa. Jadi sebaiknya anda mengedit foto seperlunya saja namun tetap maksimal hasilnya.