Adanya logo pada sebuah bisnis menjadi salah satu keuntungan bagi pemiliknya. Bayangkan jika Anda berjualan donat sudah lebih dari dua tahun, namun tidak memiliki logo di kemasannya. Kemudian muncul kompetitor yang berjualan donat juga namun sudah memiliki logo. Dalam waktu singkat, kompetitor sudah berhasil menyaingi bisnis Anda. Pastinya Anda merasa kesal bukan? Salah satu hal yang tidak Anda miliki namun dimiliki oleh kompetitor adalah logo. Dengan logo, maka sebuah perusahaan berhasil membuat representasi secara visual. Yang mana akan membuat produk atau perusahaan menjadi lebih menarik dan unik. Dalam pembuatannya, logo bisa dibuat sendiri, tetapi bisa juga meminta bantuan kepada jasa pembuatan logo. Dimana tarif pembuatan logo yang ditawarkan oleh jasa pembuatan logo tersebut pastinya berbeda-beda.
6 Faktor yang Memengaruhi Tarif Pembuatan Logo
Membuat logo memang bukan hal mudah dilakukan sendiri. Jika hanya logo sederhana tentu bukan hal sulit. Lain hal dengan logo eksklusif yang memiliki makna tinggi. Karena itulah, banyak pemilik bisnis yang lebih meminta dibuatkan oleh jasa pembuatan logo. Namun sebelum Anda memesan logo pastinya akan tertegun dengan penawaran harga yang tertera bukan? Sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan harga pembuatan logo di setiap tempat pembuatan logo. Diantaranya sebagai berikut ini.
-
Komunikasi Sebuah Nilai
Informasi yang terdapat dalam logo diharapkan mampu tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Yang mana konsumen tersebut memiliki pandangan dan perilaku pada merek dari logo itu. Dengan begitu orang-orang akan tertarik dengan brand tersebut. Tidak mengherankan jika jasa pembuatan logo yang benar-benar berpengalaman bisa menawarkan biaya pembuatan mahal. Karena memang jasa tersebut mampu membuat logo yang bisa menyampaikan informasi penawaran atau informasi produk.
-
Mempresentasikan Aset
Logo yang baik dengan produk atau jasa mendukung, tentunya akan memiliki kesan positif di mata calon konsumen dan konsumen. Hal ini dikarenakan tarif pembuatan logo yang terbilang mahal. Peran dari sebuah logo memang akan menjadi aset jangka panjang. Oleh karena itulah pembuatan logo tidak bisa asal buat. Harus ada pertimbangan penting sebelum membuat logo yang benar-benar tepat.
-
Diferensiasi
Tujuan utama dari pembuatan logo adalah sebagai media promosi agar bisa menyampaikan informasi secara lugas dan gampang diingat. Logo yang menggunakan gambar serta kalimat persuasif akan membuat logo tersebut menjadi lebih menarik dan unik. Yang mana akan membuat perusahaan atau bisnis tersebut menjadi berbeda. Karena inilah tarif pembuatan logo bisa dikatakan mahal.
-
Sebagai brand
Branding adalah hal penting dan harus dibangun sejak awal. Persaingan bisnis yang ketat pastinya membutuhkan inovasi dalam bidang promosi. Salah satunya adalah menggunakan logo sendiri. Menggunakan jasa pembuatan logo, Anda bisa mendapatkan logo dengan desain lebih menarik dan mampu membangun citra untuk brand itu sendiri. Logo sendiri memiliki peranan 10% lebih sedikit dibandingkan branding. Namun tanpa adanya logo, maka kita tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab tidak akan ada banyak orang yang tahu.
-
Tingkat Kesulitan Dalam Membuat Logo
Hal lain yang menjadi pengaruh mahal tidaknya logo adalah tingkat kesulitan dalam membuatnya. Karena logo merepresentasikan ciri khas dari perusahaan atau bisnis. Tentu bukan hal mudah untuk membuatnya. Diperlukan usaha lebih supaya bisa sesuai dengan permintaan klien. Belum lagi nanti harus melakukan revisi jika ada yang tidak sesuai. Untuk 1 – 3 kali revisi mungkin masih gratis, namun jika lebih dari batas revisi pastinya akan dikenakan biaya tambahan.